Syuuuuuu~

 

Tidak ada lagi gunung yang didaki , sementara tangan dan kaki bergegas mengerjakan skripsi . Rindu gunung itu rasanya sedih sekali , bagaikan air tanpa kopi . Sungguh merinduku padamu dengan berjalan kaki , bahkan melebihi rinduku padamu wahai sang belahan hati . oeeeeeeeeek~

Gie

image

Gie

====
Sampaikanlah pada ibuku
Aku pulang terlambat waktu
Ku akan menaklukkan malam
dengan jalan pikiranku

Sampaikanlah pada bapakku
aku mencari jalan atas semua
keresahan-keresahan ini
kegelisahan manusia

malam yang dingin...

Tak pernah berhenti berjuang
Pecahkan teka teki malam
Tak pernah berhenti berjuang
Pecahkan teka teki keadilan

Berbagi waktu dengan alam
Kau akan tahu siapa dirimu
Yang sebenarnya
Hakikat manusia

Akan aku telusuri
Jalan yang setapak ini
Semoga kutemukan jawaban

Gunung Semeru 3676 mdpl

ketagihan menjadi-jadi , pikiran tertuju ke gunung , aku ingin mendaki nya , jalanan setapak sempit menanjak ak merindukannya . bukan mencari pengakuan mereka tetapi rasa rindu ini mengalahkan segalanya . hahaha *lebay syuu~

oke lanjut bercerita tentang hobi baru ini , mendaki gunung . yah pendakian selanjutnya menuju ke…………*eh gunung-gunung di jawa timur itu terkenal dengan jalur pendakian yang sulit dan waktu tempuh yang lama . gunung yang akan dituju adalah gunung semeru dengan pucak dewa nya bernama mahameru cerita tentang keindahan alam disana tidak ada habisnya , tanah tertinggi di pulau jawa ada disana . waw

pendakian itu berawal ajakan teman yang gila gunung juga , dia udah kemana2 dan ak belum kemana2 . hahaha ya niatnya mencari pengalaman dari dia . oke ajakan ke gunung semeru pada awal oktober , ajakan yang mendadak sekali tanpa persiapan finansial dan peralatan mendaki dan pendakian fix tanggal 3 oktober berangkat dari jogja via kereta malioboro express . modal sangu 350rb dan carrier pinjeman yang lainnya hanya nekat aja . hahaha

oke tanggal 3 oktober jam 10 malam berangkat dari stasiun tugu sekitar orang 7 orang : yogi , septian , windu , feri , gopis , febriana menuju malang . pengetahuan medan pendakian semeru hanya browsing di internet yang lainnya nekat, puncak mahameru tidak terlalu terpikiran yang dipikirkan adalah gimana nanti pulangnya dengan selamat . semalaman dikereta AC yang dingin menjadi awal adaptasi cuaca disana yang katanya jika musim kemarau bisa minus . hehehe *kayak apayaaaaa* pagi2 sebelum jam 6 kita tiba di stasiun malang dan turun langsung mencari angkot ke tumpang , maksut leren sebentar untuk subuhan ini mereka langsungan . aah sudah ngikut aja hehehe . pagi itu bbm ke pacar kalo udah sampe malang *bukannya bbm orang tua* hahaha bbm g berlangsung lama keburu si pacar tidur lagi hbs subuhan . sebelum si pacar bangun ak dh bbm dulu kl mau mulai pendakian karna sinyal udh mulai “gojak gajek” . pamit tanpa balasan itu rasanya emng giman gitu tp ya sudah memang kyk gt takdirnya hehe . sblm mulai pendakian nyari makan dulu dipasar tumpang disana makan berat habisnya g smpe 10rb kenyang bgt sama skalian nunggu jeep untuk mengantarkan ke base camp gunung semeru di ranu pani

here we go…..ternyata jalan menuju base camp ranu pani ditutup karena diperbaiki terpaksa jalan kaki sekitar 3KM jam 11 SIANG !!! PANAS !!! okelah gimana lagi akhirnya jalan itung2 pemanasan , udh terlihat mental2 pendakinya , carrier ku yang ku bawa skrng lebih berat kapasitas 100L maaaaaaaaak…..tapi semua terkalahkan oleh semangat ! sekitar 1 stgh jam kita sudah di base camp ranu pani mengurus registrasi dan surat2 ijin mendaki disana sekalian menunggu di warung depan base camp makan nasi kare pedessss banget !!!

nah sekitar jam stgh 4 kita mulai pendakian , nasi kare pedes tadi mulai kontraksi diperut , karna pedesnya minta ampun makanannya perut jadi panas tp itu g terlalu di hiraukan msh kalah sama indahnya pemandangan hutan semeru . wkkwkwkwkwkw 6 jam kita jalan menyusuri hutan banyak cerita selama 6 jam , kaki yang kram , perut panas dan motivasi kata “fearless” yang selalu di lontarkan ketika rasa capek melanda , hahahhahasyuu……..6 jam dilalui akhirnya sampai di ranu kumbolo yap danau dengan tanjakan cinta nya kita malam ngecamp disana super dingiinnn.pemandangan g terlalu keliatan karna malam…oke langsung tidur aja buat persiapan besok karna ini baru setngah perjalanan..

pagi itu bangun sekitar jam stgh 6 semua mengembun dan dingin . di tenda itu ak yang bangun lebih awal karena saking penasarannya ranu kumbolo itu dan indahnyaaaaa , ak memandanginya terdiam…dan berkata dalam hati Alhamdulillah ya Allah sudah diberikan nikmat…menegok dipinggiran danau ada butiran es dan benar saja suhu mungkin 10-15 derajat jaket tebel g ngaruh masih ja tembus…dan akhirnya nunggu matahari muncul biar agak anget dikit baru berkeliling di danau indah itu . hahaha selesai berkeliling sekitar jam 1 siang kami berdiskusi tentang kesiapan tim saat itu windu tiba2 meriang keliahatnnya kecapekan , ak melihat diri sendiri jika dipaksakan sampai di pos terakhir ak msh mampu tp sekali lagi ak mikir pulangnya gimana , fisik sudah terkuras , akhinrya ak memutuskan untuk stay di ranu kumbolo di susul yogi dan septian yang lainnya meneruskan ke pucak mahameru

seharian kita menunggu di ranu kumbolo , windu tak ada perubahan dia tidur ditenda seharian . akhirnya hari penantian itu tiba kita menunggu di pos ranu kumbolo sampai siang lebih sejam=jam 1 mereka tak kujung tiba , ak septian yogi berdiri memandangi tanjakan cinta itu dan berharap mereka meuncul dari pucuk dengan selamat . oke akhirnya kita meninggalkan mereka karna memang logistik sudah habis kita terpaksa turun meninggalkan mereka yang ke puncak . diperjalanan windu terlihat g sehat . setiap ada tanjakan di misuh “asu” , ak bilang “sabar ndu dilit neh tekan . semangat” baru sejam jalan windu sudah dibantu dengan oksigen yg aku bawa . oksigen itu habis hanya untuk dia saja . oke gpp lah untuk nyawa temen satu ini . jalan windu sudah sempoyongan setiap 10 langkah dia berhenti keadaannya kritis , yogi dan septian merawatnya dan ak hanya sibuk memvideo keadaan sekitar . hehehe oh iya kita pulang lewat jalur ayek-ayek yaitu jalur porter untuk mempersingkat waktu sekitar 1 stgh jam tetapi jalurnya sangat curam menanjak smpai puncak baru turun . naah akhirnya windu sampai puncak jalur ayek-ayek muka sudah pucat , pdhl dia tidak bawa carrier , carrier nya dibawa septian . oke kita turun jalur menurut seringkali terpeleset jatuh karna ingin cepat sampai kita lari . dah kira-kira tinggal 2 jam an jalan lagi sampai di pos ranu pane windu tak sadarkan diri . sepertinya kena hypotermia . mata sudah diatas, kejang2 . kami pun menabok2 muka nya sampai bangun dan akhirnya dia bangun , sedikit merasa lega . langsung dia digending yogi untuk turun berlari tak berlangsung lama akhirnya di bopong barengan . saya mengendong windu sampai turun dan di perjalan turun dia berhalusinasi , dia tertawa dengan nafas tersendak2 dan menunjukan disebelahku ada buyutnya yang sudah siap menjemputnya *mungkin* hahaha cuek saja dan ak bilang “yowes benke wae buyutmu , ra nyangoni wae we” dia sering berhalusinasi aaah gpp yang penting dia terung ngmng jgn smpe tidur aja dan kalo tidur dy bakalan bablas nyawanyaaa . gejala2 itu persis pernah ak baca step2 gejala hypotermia di google sblm brngkt ke semeru kmrn . yaaak perjalanan sudah hampir selesai sudah terlihat dr jauh tukang ojek dr kejauhan bapak2 tukang ojek itu sukarela menolongnya dan mengantarkan ke puskesmas , windu, ak + pak ojek berboncengan dengan ngebut dan sampailah ke puskesmas ranu pane ternyata tutup -_______- *fakmen windu di senderkan di kursi sembari ak menoel2 kepalanya agar jgn tidur , sudah banyak warga ranu pane menontonnya saalah satu warna memberikan teh hangat untuk diminumkan nya . tak lama dibakarkan api di dekat windu , dibacakan jampi-jampi mistrius oleh warga sekitar + diludahi pulak mukanya . kwkwkwkw mateb wes ndu . seketika matanya melotot dan menarik nafas dalam DIA SADAR ! alhamdulillah….dan ak mengajak ngobrol dia dan warga sekitar sesudah itu kami mengucap terimakasi kepada warga ranu pane yang ada disana yang telah membantu . haaaah…….

puncak bukan tujuan tapi proses pendakian adalah pelajaran , pelajaran berharga ketika semuanya harus dipersiapkan dengan matang , nyawa taruhannya . ketika semua baru disadari akan bahayanya apalagi hanya dengan persiapan nekat . mendaki gunung bukan untuk main-main apalagi semeru jalur pendakian yang berat dan berhari-hari , maka dari itu kondisi fisik dan mental harus siap . harus siap menjadi SURVIVOR !

pos ranu kumbolo

Tanjakan cinta

Di atas tanjakan cinta

Padang savana *dibalik gunung itu gunung semeru (samping kanan dikit)*

Survivor Windu

Gunung Prau 2565 mdpl *first hike*

Mendaki gunung ??? Terlintas dipikiran itu adalah hobi menantang , mendaki gunung pertama kali ak dengar ketika kakak pertama ku suka mendaki waktu SMA entak mendaki kemana g terlalu memperdulikan yang jelas ketika dia pamit ortu terlihat berat melepasnya apalagi dy perempuan pertama di keluarga ini , dulu ak sering kali dpt tawaran mendaki gunung hingga smpai di kuliah semester akhir ada tawaran naik gunung dr tmn2 kelas, sepengetahuanku gunung yg ak tau cuma merapi dan merbabu karna dr rumah juga keliatan jelas . Tawaran itu ak bilang oke aja yah drpd g ada kerjaan , gunung mana ak jg g tau yg penting asal ikut dan senang . Dengan peralatan dan mental yg biasa aja dengan PD nya naik gunung dengan style “kuliah” -_- celana jeans, sepatu casual, kaos berkerah hahaha dan tas kuliah sekitar 30L yang isinya baju buanyaaak !!!
Here we go…..pagi itu kumpul didepan kampus tercinta banyak yg ikut , ngobrol2 tny mau ke gunung mana trnyata ke gunung prau di dieng , ntah dimana itu yang penting jalan seneng aja . Berangkat sekitar jam 10 smpe wonosobo istirahat dulu dirumah dudun sambil packing buat nanti malem , trnyata nanjaknya malem . Mikir serem ya iyaa . Haha ah yg penting seneng . Yup smpe di base camp sekitar hbs isya . Registrasi dulu hbs tu sholat isya baru nanjak malem daaaan……waktu itu ak yg pertama bawa carrier maklum g semua temen2 bawa carrier dr semua yg bawa carrier cuma 2 orang *mikir apa ak kok mau bawa gituan -_-* carrier yg ak bawa 80L awalnya biasa aja , tas super gede itu nempel mantep dibelakang , buat jalan landai lumayan lah tp blm tau tar kl nanjak gmn tar liat aja hahahaha , banyak temen2 nanya “yakin?” Hahaha
Okee siap nanjak , didepan sudah terlihat tanjakan berupa tangga yang sebelumnya td di pemukiman penduduk ada yg mainan musik jawa alias gamelan *nambah mistis* ah sudah…oke kembali cerita tangga itu , tangga yg jumlahnya 182 anak tangga itu sebut saja tangga penyesalan yah penyesalan kenapa ak ikut naik gunung ini , kenapa ak ndadak bawa carrier yg baru sadar kerasa beratnya minta ampun waktu naik . Hahahaha daaaaan….akhirnya tangga penyesalan itu berhasil ak lalui dengan ngos2an kringat yang mengucur hahaha *ngombe sik istirahat* skaligus ambil nafas terlintas dipikiran kembali ke base camp sendiri dan aaaaaaaaaaaah…..kl baru smpe sini namanya bukan naik gunung drpd penasaran oke lanjut aj nanjak lagi drpd penasaran , kulkas itu sebut saja carrier msh dibelakang punggungku jalan masih menanjak seringkali ak berhenti dan ak lihat arah belakang , ak sering menengok kebelakang bukan apa2 tp niat untuk balik ke base camp sekitar 75% hahaha tp penasaran msh ttp terlintas dipikiran…oke lanjut lagi dengan langkah pelan dan sempoyongan, keringet mengucur tambah banyak dan akhirnya ak nyerah kulkas itu gantian dibawa windu , kebetulan tas nya cuma sebesar ransel dan itu ak bawa , enteng buat jalan dan semakin bersemangat ke puncak haahaha gassspoll……menanjak sudah lebih beberapa jam sudah banyak yg nanya ke leader “masih jauh apa dh deket?” Dijawabnya 15 menit lg tp ditunggu sejam jalan jg blm sampai puncak dan akhirnya menyadari kata2 itu hanya motivasi sesaaat hahaha berjalan menanjak sekiranya 4jam an akhirnya kita sampai juga dipuncak dan segera leader mencari tempat untuk mendirikan tenda , dingin sekali angin kenceng menghembus kulit . Waktu itu ak sadar betapa pentingnya jaket dan celana tebel setelah sekian lama mengutik2 tenda akhirnya jadi juga 2 tenda dan bergegas membuat minuman hangat dan makanan instan sesudah itu karna tenda kapasitas kecil ada beberapa yg rela tidur diluar tenda termasuk ak sendiri -_- malem itu susah sekali tidur dinginnya g tahan dan akhirnya masuk tenda sempit2an lumayan hangat hehe

Akhirnya sudah pagi . Huh malam yang berat dengan dinginnya , dan ini yang ditunggu2 oleh kebanyakan pendaki yaitu “sun rise” yah memang indah sekali pemandangan disini selain gunung sumbing dan sindoro terlihat jelas ada merbabu dan merapi terlihat dr kejauhan gunung slamet menyapa dan Ini lah kebesaran NYA . Alhamdulillah di umur yg masih muda ini bisa merasakan indahnya ciptaan NYA

Background gunung sindoro

Pucak Gunung Prau

Pucak Pertama suksesss !!!! hahaha walaupun bukan gunung beneran tapi sampai di puncak “bukit” itu sudah alhamdulilah…..

dan pulangnya ketagihan dengan hobi satu ini -___-